Senin, 03 November 2008

ANGGREK BULAN RAKSASA PRIMADONA AGRO EXPO 2008

H. Rudi Ariffin, gubernur Kalimantan Selatan, menaruh perhatian besar terhadap pelestarian anggrek alam Kalimantan. Pada acara Agro Expo 2008 di gedung Sultan Suriansyah, beliau menyempatkan diri mengdairi lomba dan pameran anggrek.
Salah satu yang banyak menjadi perhatian pengunjung agro expo adalah tampilan sosok anggrek bulan yang memiliki ukuran jumbo, yaitu anggrek bulan raksasa atau dalam istilah ilmiahnya biasa disebut Phalanopsis Gigantea.
Anggrek bulan raksasa yang sedang menampakan bunganya yang sedang mekar ini benar-benar membuat decak kagum akan kekayaan dan keindahan plasma nuftah alam kalimantan. Anggrek ini adalah merupakan, endemi Kalimantan, ia hanya terdapat di pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Keberadaannya kini sangat kritis. Disamping sudah jarang ditemui, karena perambahan hutan untuk perkebunan kelapa sawit dan juga banyak diburu kolektor.
Tampak kuntum bakal bunga yang bergelantungan. Bunganya berwarna putih dan ungu kemerah mudaan. Sekali berbunga terdiri dari 5 sampai 15 kuntum bunga. Dengan ukuran tidak lebih dari 3 - 5 cm.
Anggrek bulan raksasa yang banyak menyita perhatian pengunjung tersebut, milik Hj. Erna Ardiansyah, yang juga pemilik Taman Anggrek Alam Kalimantan dibilangan Sultan Adam Banjarmasin. Ditamannya terdapat banyak anakan anggrek bulan raksasa ang sedang dikembangkan. Dari ukuran seedling hingga remaja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar