Sabtu, 26 Juli 2008

GOLDEN ORCHID JUGA DITANGKARKAN DITAMAN ANGGREK


GOLDEN ORCHID ANGGREK RAKSASA DARI INDONESIA TIMUR


Ada yang sempat membuat decak kagum para pengunjung pada acara “ Cinta Puspa & Satwa Show 2008 “ dibalai Kota Banjarmasin beberapa waktu lalu. Perhelatan akbar yang diselenggarakan oleh Dinas Bapeldelda Banjarmasin tersebut, dan dibuka oleh H. Yudhi Wahyuni Walikota Banjarmasin, dengan kehadiran sosok anggrek raksasa yang tingginya mencapai 3 meter serta dihiasi rimbunya bunga berwarna kuning keemasan.

Anggrek raksasa yang didaerah Papua Nugini dikenal dengan sebutan Bensbach Yelow dan di Pantai Timur Australia orang menyebutnya Golden Orchid ini adalah merupakan anggrek spesies alam yang digolongkan kedalam jenis Dendrobium dengan nama ilmiah Dendrobium Elobatum, sinonim Dendrobium Discolor, termasuk section Spatulata.

Dendrobium Discolor ini termasuk dalam jajaran anggrek terbesar dengan diameter batang bisa mencapai 10 cm. “ Makanya si anggrek emas ini termasuk anggrek dendrobium terbesar didunia”, jelas Hj. Erna pemilik golden orchid dari Taman Anggrak Alam Kalimantan Banjarmasin. Di Kalsel hanya beberapa kolektor berat anggrek spesies saja yang memilikinya. Disamping tentu harganya yang lebih mahal dari anggrek biasa, juga susah mendapatkanya, apalagi dalam ukuran jumbo.

Sanking menariknya tampilan anggrek emas ini, ada beberapa kolektor anggrek alam,saat itu berniat meminangnya. Namun karena anggrek tersebut merupakan salah satu master dari anggrek alam yang ada di Taman Anggrek tersebut, siempunya tidak bersedia melepasnya. “ Ditaman kami memiliki beberapa anggrek raksasa endemic Kalimantan, seperti anggrek bulan raksasa (Phalaenopsis Gigantea) yang saat ini kami kembangkan untuk pelestarian dan Anggrek Raksasa dari jenis Grammatophyllum Giganteum. Hutan kita sangat kaya akan keanekaragaman hayati dari keluarga orchidea. Jadi perlu diselamatkan plasma nuftah yang satu ini.” Ujar Hj. Erna.

Yang menarik, selain postur batangnya yang bongsor dan tinggi, anggrek inijuga memiliki tangkai bunga yang banyak. Dalam satu batang bisa mencapai lebih dari 20 tangkai bunga, dengan jumlah kuntum sebanyak lebih kurang 30 kuntum. Seperti anggrek jenis spatulata lainya, ia memiliki mahkota daun yang panjang dan keriting. Warna coklat muda dengan tepian Kekuningan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar