Senin, 28 Juli 2008

HUTAN KALIMANTAN


PETA PULAU KALIMANTAN ( BORNEO )

Suasana hutan tropis pedalaman Kalimantan. Banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang merupakan habitat dari berbagai jenis anggrek alam. Pedalaman hutan Kalimantan sangat kaya akan anggrek alam, ada ribuan jenis anggrek yang terdapat dihutan ini. Untuk jenis anggrek bulan (Phalaenopsis) diketemukan ada sembilan jenis dan beberapa diantaranya adalah merupakan anggrek endemik. Ada sekitar 250 jenis anggrek dendrobium, ratusan anggrek jenis Bulbophyllum dan Paphiopedilum, seperti Supardii dan lowii. Namun yang sangat populer adalah Anggrek Hitam (coelogyne Pandurata).


Suasana hulu sungai dipedalaman Kalimantan.

Dimana banyak terdapat spesies anggrek alam Kalimantan.



Dendrobium Crumenatum atau biasa disebut anggrek merpati juga banyak dijumpai dihutan-hutan pedalaman kalimantan. Anggrek ini sangat rajin berbunga, ia menebarkan aroma harum. Dulu pada tahun 1970-an, anggrek ini sangat banyak dijumpai dibelakang rumah dikota banjarmasin. Ia hidup menempel dipohon pekarangan belakang rumah. Tapi saat ini sangat sulit dijumpai lagi, kecuali di dalam hutan seperti kawasan Loksado - Pegunungan Meratus.




Suasana hutan tropis Kalimantan dengan dihiasi jeram- jeram kecil. Disepenjang hutan yang basah dan lembab ini tumbuh ribuan jenis anggrek alam spesies Kalimantan, bahkan beberapa jenis lainnya merupakan endemik asli setempat, seperti Anggrek Bulan Raksasa ( Phalaenopsis Gigantea), Anggrek Kantong (Paphiopedilum Supardii), Anggrek Bulan Plaihari (Phalaenopsis Amabilis Plaihari) dan Anggrek Mangkuk ( Bubophillum Becari) serta Anggrek Hitan (Coelogne Pandurata).





Anggrek Tebu atau yang lebih populer dengan istilah ilmiahnya Grammatophyllum Speciosum, banyak dijumpai di hutan Kalimantan sepanjang pegunungan Meratus. Ia biasa terlihat menempel diatas batang pohon kayu yang besar. Anggrek ini pernah diketemukan oleh warga dayak setempat hidup bergerompol diatas pohon dengan ukuran sangat besar yang beratnya diperkirakan mencapai 2 ton lebih. Populasi jenis anggrek alam semacam ini teracam punah, karena adanya pembabatan hutan untuk keperluan tambang dan industri kelapa sawait. Kondisi yang sangat memprihatikan ini diperparah oleh adanya penebangan liar dikawasan hutan lindung.






Anggrek Tebu yang sedang berbunga. Merupakan anggrek terbesar di Dunia yang banyak tersebar di sepanjang pegunungan Meratus Kalimantan. Panjang Tangkai Bungan Mencapai satu meter lebih, dengan jumlah kuntum bunga bisa mencapai ratusan kuntum. Anggrek ini banyak dikembangkan ditaman Anggrek Alam Kalimantan milik Hj. Erna di Banjarmasin.


TAMAN ANGGREK ALAM KALIMANTAN
Pusat Penangkaran & Pelestarian Anggrek Spesies Borneo
Jl. Sultan Adam - Pondok Kelapa Banjarmasn
Telp. o511 - 7588308




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar